Jumat, 29 November 2013

PENDAHULUAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan Kota membawa para masyarakat saat ini tidak memiliki fasilitas untuk berolahraga yang layak serta aman. Dari keseluruhan jumlah penduduk Kota Lhokseumawe sebagian besar tidak lagi melakukan kegiatan olahraga bahkan ada yang tidak pernah lagi melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas olahraga dan juga tidak tersedianya tempat yang aman dan nyaman  untuk berolahraga seiring berkembangnya kota ke arah modernisasi.
            Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Olahraga juga merupakan salah satu metode penting untuk mereduksi stress. Olahraga juga merupakan suatu perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit serta stress. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan terstruktur dengan baik. Suasana tempat yang nyaman serta fasilitas yang dapat menghimpun berbagai tingkatan usia dan juga bisa menjaga keamanan bagi pelaku olahraga. Olahraga merupakan suatu  kegiatan yang dapat melepaskan kepenatan dan untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal inilah yang menjadi gagasan timbulnya pemikiran untuk menciptakan gagasan untuk  perlunya olahraga bagi masyarakat kota serta menciptakan kota yang aman untuk berolahraga.

            Jika kita lihat dari penjelasan diatas mengenai pentingnya olahraga bagi masyarakat kota, maka peneliti tergugah untuk melakukan penelitian tentang “Bagaimana tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe, sehingga dapat menjadikan atau menciptakan Kota Lhokseumawe yang aman dan nyaman bagi semua pelaku kegiatan olaharga”.

B. Perumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini akan peneliti uraikan dalam rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimanakah tingkat keamanan dan kenyamanan Kota Lhokseumawe saat ini bagi pelaku kegiatan olahraga ?
2.      Seberapa besarkah animo masyarakat kota Lhokseumawe terhadap kegiatan olahraga ?
3.      Usaha apakah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe saat ini ?

C. Tujuan Penelitian
            Adapun tujuan penelitian ini yang peneliti rumuskan adalah :
1.      Menemukan data dan informasi tentang tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe.
2.      Mengembangkan data dan informasi tentang tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe.
3.      Menerapkan data dan informasi secara teoritis pemecahan masalah tentang tingkat keamanan dan kenyaman bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada ai Kota Lhokseumawe.


D. Manfaat Penelitian
            Adapun manfaat dari hsil penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris mengenai tingkat keamanan dan kenyaman bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe, sehingga hasilnya dapat berguna bagi :
1.      Peneliti
Menjadikan sumber informasi keilmuan yang mengkaji disiplin ilmu mengenai kota (keamanan dan kenyamanan). Selain itu dapat menjadi peluang bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam.
2.      Pemerintah Kota Lhokseumawe
Menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator  untuk membuat desain kota yang lebih meningkatkan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe, sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat Kota Lhokseumawe terhadap kegiatan olahraga.
3.      Masyarakat Kota Lhokseumawe
Dengan mengetahui tingkat keamanan dan kenyamanan untuk pelaku kegiatan olahraga, animo masyarakat Kota Lhokseumawe akan lebih  meningkat untuk berolahraga dan juga pelaku kegiatan olahraga mampu meningkatkan kewaspadaan, dan meminimalisir gangguan keamanan yang dialami sebelum, selama maupun sesudah melakukan kegiatan olahraga.

E. Batasan Masalah

            Untuk membatasi agar permasalahan tidak terlalu melebar maka penelitian ini hanya akan membahas tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pelaku kegiatan olahraga yang ada di Kota Lhokseumawe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar